Expresso e-Office adalah aplikasi persuratan elektronik secara online, yang sudah mengaplikasikan kebutuhan tata persuratan sesuai dengan peraturan pemerintah mengenai TNDE (Tata Naskah Dinas Elektronik). Dimana semua administrasi yang bersifat surat menyurat, tidak dilakukan lagi secara manual, namun sudah tersistematis.
Manfaat E-Office
- Proses digital untuk setiap dokument
- Memudahkan Pengarsipan, dan dapat melakukan pencarian dan filter surat atau dokument, secara mudah
- Memudahkan pengaturan surat, sesuai organiasai dan peraturan
- Memudahkan pengaturan pengguna sesuai dengan organiasainya
- Menunjang aktifitas perusratan secara mobile
- Hemat biaya Bandwidth
- Hemat biaya Facsimiles dan Biaya Telphone.
Manfaat E-Office Sasaran TNDE
- Tercapainya kesamaan pengertian dan pemahaman tentang penyelenggaraan tata naskah dinas elektronik di seluruh instanasi pemerintah
- Terwujudnya keterpaduan tata naskah dinas elektronik di lingkungan instanasi pemerintah
- Lancarnya komunikasi dan kemudahaan dalam tata naskah dinas
- Terwujudnya pemanfaatan teknologi informasi dalam tata naskah dinas.
- Terwujudnya percepatan Pemerintahan Elektronik (e-Government), dengan pemanfaatan TNDE sehingga terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dengan pemanfaatan teknologi informasi.
- Terwujudnya efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan, Penggunaan TNDE juga akan memberikan manfaat berupa penghematan sumber daya; tenaga, kertas, waktu dan biaya, mendukung efektivitas dan efisiensi pekerjaan dicapai dengan tersampaikannya informasi, secara langsung naskah dinas atau informasi dengan memanfaatkan teknologi informasi, tanpa bergantung pada kurir.
- Pemanfaatan TNDE akan mendorong terwujudnya reformasi birokrasi apartur negara.
- Terciptanya koordinasi integrasi, sinkronisasi, dan simplifikasi antar instansi pemerintah, dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Kemudahan pengelolaan dokumen naskah dinas dan penggunaanya. Penggunaan TNDE akan memberikan kamanan dalam penyampaian dokument, kemudahan dalam menangani dokument dan keakuratan dalam pelakcakan status dokument.
- Development Tools
Expresso E-Office menggunakan perangkat pengembangan yang popular bagi client dan server untuk mendapatkan dampak dan support yang baik.
- Multi Platform-OS
Sistem operasi yang tidak bergantung pada OS atau mesin.
- Multiple Browser
Satu aplikasi dapat didukung oleh mesin pencari apa saja.
Modul-Modul E-office
1. Kontrol Pengguna
Di menu ini, tidak bisa semua user bisa akses halaman ini, bahkan pada level Direktur. Ini dikarenakan untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan dalam menentukan atau merubah hak akses user yang berakibat fatal pada system secara keseluruhan.
Perlu diperhatikan, di sini terbagi menjadi 4 kategori user;
- Kelompok Pengguna,
- Administrator Group,
- Event Menu
- Pengguna.
Keempat bagian tersebut saling berkaitan dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Form ini hanya boleh di akses oleh super admin atau administrator; karena ini menjadi sangat penting dalam hal pengaturan hak akses yang nantinya akan melakukan pengaturan untuk user.
2. Modul Persuratan
Modul ini ditujukan untuk melakukan pencatatan persuratan, atau sirkulasi persuratan. Dimana semua kegiatan persuratan dilakukan pada modul ini, pengiriman surat, dan menerima surat akan dicatat secara sistem, dan akan memudahkan dalam pencarian surat, dan pengiriman surat menjadi lebih mudah.
3. Modul SPPD
Modul ini ditujukan untuk mencatat, semua kegiatan SPPD secara online. Surat perintah yang berkaitan dengan SPPD akan secara otomatis masuk kedalam modul ini, lalu pengaturann SPPD dari masing-masing orang akan di lakukan di Modul SPPD. Modul ini juga menjadi kontrol terhadap semua kegiatan perjalanan dinas yang dilakukan oleh pegawai.
4. Modul Pengarsipan
Modul ini terdiri dari pengarsipan surat, pencatatan surat masuk dan surat keluar, lalu diarsipkan. Dan Pengaturan hak akses atas setiap dokument yang diarsipkan, jadi setiap dokument tidak bisa dilihat oleh semua orang, hanya orang-orang tertentu yang berhak mengakses dokumen. Ini untuk menjaga keamanan dari dokumen tersebut.
- Kami perusahaan Teknologi Informasi yang berpengalaman mengerjakan berbagai aplikasi pendukung kegiatan pelayanan, perijinan dan konsultansi, dalam hal Teknologi Informasi.
- Team IT yang juga memahami arah kebijakan pemerintah terkait E-Government (khususnya e-Office),
- Product, konsultan, dan developer yang berasal dari Indonesia
Kelebihan Lainnya.
- Submenu Scan-Indexing
Submenu ini berfungsi untuk melakukan proses scanning dokumen baru yang akan disimpan ke dalam aplikasi dan sekaligus dilakukan proses indexing. Proses Scanning dapat juga dilakukan scanning dokumen tambahan, jika ada dokumen tambahan yang perlu ditambahkan. (kewenangan User Inputer)
- Submenu Upload-Indexing
Submenu ini berfungsi untuk melakukan proses upload file yang akan disimpan dan sekaligus dilakukan proses indexing.(kewenangan User Inputer).
- Submenu Daftar Dokumen
Submenu ini berfungsi untuk menampilkan seluruh dokumen yang telah dilakukan proses Scanning, Indexing dan telah tersimpan. Data-data tersebut dapat diekspor ke dalam format excel. (kewenangan User Inputer).
- Submenu Edit Dokumen
Submenu ini digunakan untuk melakukan edit/perubahan data yang telah tersimpan jika terjadi kekeliruan/kesalahan input data pada saat proses indexing. ( kewenangan user inputer)
- Modul Pencarian/Searching Data
Modul ini digunakan sebagai media untuk proses penelusuran & pencairan data yang dibutuhkan oleh User pengguna untuk mempermudahkan proses penelusuran & pencarian data ,maka modul ini diklasifikasi berdasarkan segmen ditentukan berdasarkan kriteria masing-masing transaksi